Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

YANG PERLU DIKETAHUI DAN DIKUASAI OLEH PARA MANAJER HR

Manajer HR mempunyai orientasi kemampuan menjual? Mengapa tidak?


Tentu saja tidak dimaksudkan  memposisikan diri sebagai penjual langsung karena itu adalah tugasnya bagian marketing. Namun bisa saja hal itu dapat dilakukan misal sedang berkumpul dengan teman-teman sejawat di organisasi tertentu. Bila perlu malah juga memakai presentasi segala. Tapi harus bisa berpromosi secara cerdas dengan tanpa menjelekkan hasil produk dari perusahaan yang lain. Bahwa membandingkan kelebihan dan kejelekannya, asal itu logis dan memang mempunyai future yang demikian, mengapa tidak?


Setidaknya dalam menyeleksi perekrutan calon karyawan baru harus mempunyai intuisi dan naluri menjual. Maksudnya orang yang direkrut dapat "menghasilkan sesuatu" bila perlu "yang lain daripada yang lain". Sehingga dapat mengangkat performa dan produk perusahaan. Untuk itu dalam melakukan wawancara dan perekrutan jangan sampai kalah pintar dan cerdas dari yang akan diwawancarai dan direkrut.


Yang lebih kongkrit sebenarnya sasarannya dalam ilmu Total Quality Manajemen System atau disingkat TQM adalah sebuah manajemen kualitas yang lebih berfokus pada pelanggan dengan cara melibatkan seluruh level tingkatan karyawan dalam mengerjakan peningkatan ataupun perbaikan secara kontinyu.


Total Quality Management atau TQM akan lebih cenderung memanfaatkan strategi, komunikasi dan data yang efektif dalam mengintegrasikan kedisiplinan kualitas dalam kegiatan operasional dan budaya perusahaan. Sederhananya, TQM adalah suatu pendekatan manajemen yang digunakan untuk menyentuh kesuksesan jangka panjang dengan mengedepankan kepuasan pelanggan.


Guno Display

Jadi Manajer HR harus belajar lagi? Mengapa tidak? Sumber materi dapat didapatkan di internet, webinar yang relevan, atau diskusi dengan orang yang sudah terbukti mempunyai kompetensi di bidang yang dimaksud.


Dalam Total Quality Management, dimaksudkan seluruh karyawan perusahaan atau anggota organisasi harus turut serta aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya pada tempat mereka bekerja, sehingga nantinya akan melahirkan kualitas terbaik dalam layanan atau produk demi mencapai kepuasan para pelanggannya.


Dengan demikian harus:

1. Fokus Pada Pelanggan. Karena pelanggan adalah pihak yang berpengaruh penting dalam menentukan kualitas produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan ataupun tingkat kualitas yang diinginkannya. Apapun bentuk aktivitas yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan, pada akhirnya harus pelanggan sendiri yang menentukan apakah seluruh usaha yang dilakukan tersebut mampu memberikan manfaat atau tidak.


2. Oleh karena itu keterlibatan karyawan secara keseluruhan sangat dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui karyawan adalah aset sekaligus sumber daya perusahaan yang paling penting dalam mencapai seluruh tujuan yang telah direncanakan. Untuk itu, peran aktif karyawan secara menyeluruh mampu mendukung perusahaan dalam melakukan peningkatan proses dan juga kualitas secara kontinyu untuk kemudian mampu melahirkan produk atau layanan terbaik untuk para pelanggannya. Dan dalam rangka pemberdayaan karyawan ini, maka dibutuhkan pelatihan serta peningkatan atas keterampilan karyawan dalam melaksanakan tugasnya.


3. Bentuk perhatian adalah pemusatan pada peningkatan proses dimana itu adalah pondasi paling dasar dalam sistem manajemen Total Quality Manajemen (TQM). Dalam hal ini, proses adalah serangkaian langkah yang diawali dari penerimaan input dari pihak supplier dan mengubahnya menjadi output yang akan dikirimkan pada para pelanggannya.


4.  Meskipun pun ada banyak sekali kemampuan dan ruang lingkup kerja pada suatu perusahaan yang membentuk departementalisasi secara horizontal ataupun vertikal, namun seluruhnya diperlukan suatu sistem yang terintegrasi secara baik agar agar visi, misi, strategi, kebijakan, dan tujuan perusahaan bisa disalurkan dengan baik dan jelas pada seluruh karyawan. Dengan demikian sangat diperlukan sistem yang terintegrasi.


5. Pendekatan strategi dan sistematik adalah salah satu bagian yang penting dalam Total Quality Manajemen (TQM) dalam mencapai seluruh visi, misi, dan tujuan perusahaan. Biasanya, proses ini disebut dengan perencanaan strategi atau manajemen strategi yang melakukan perumusan ataupun perencanaan strategi dalam mengintegrasikan seluruh konsep kualitas pada strategi perusahaan secara menyeluruh.


6. Peningkatan yang dilakukan secara kontinyu akan mampu mendorong perusahaan dalam melakukan analisa dan melahirkan cara yang lebih efektif dalam mencapai tujuan perusahaan dan juga memenuhi harapan seluruh pihak yang berkaitan di dalamnya.


7. Untuk mendapatkan seluruh informasi terkait performa perusahaan, maka  memerlukan data untuk mengukurnya. Sistem manajemen Total Quality Manajemen (TQM) mengharuskan pihak perusahaan untuk mengumpulkan dan melakukan analisa data secara kontinyu agar seluruh keputusan atau kebijakan yang diambil benar-benar tepat dan bijak. Dengan menggunakan data, maka pihak perusahaan bisa menarik kesimpulan berdasarkan fakta tingkat kejadian ataupun hasil sebelumnya.


8. Dalam kegiatan sehari-hari perusahaan, pasti akan mengalami adanya perubahan baik itu dalam hal strategi, kebijakan, jadwal ataupun cara pelaksanaannya. Perubahan ini harus dibicarakan dengan baik pada seluruh karyawan yang berkepentingan. Komunikasi atau pembicaraan yang baik juga akan melahirkan semangat kerja dan motivasi karyawan dalam mencapai tujuan utama perusahaan.

Guno feed

 Nah, ternyata para Manajer HR mempunyai Pekerjaan Rumah (PR) yang tidak ringan bukan?


Have a nice day.



NB: Dari berbagai sumber.  Silahkan diklik gambar tiga baris sejajar cari kata ARSIP untuk mencari artikel yang lainnya. Terima kasih.






Guno Artikel

2 komentar untuk "YANG PERLU DIKETAHUI DAN DIKUASAI OLEH PARA MANAJER HR "

  1. Terima kasih sharingnya pak. Saya selalu ngikutin artikel2 bapak dari grup facebook. Tetp semangat menulis pak.

    BalasHapus
  2. Sama-sama. Salam saya untuk keluarga tercinta di rumah ya 🙏

    BalasHapus