Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEBUAH USAHA MEMAKSIMALKAN SEBUAH USAHA

 




Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Ini bukan kata kiasan tapi memang begitulah kenyataannya. Dan ini berlaku untuk segala bidang kehidupan.


Saya sendiri sebagaimana para teman yang lain telah membuktikannya. Tidak hanya sekali tapi beberapa kali.

Mengingat pendeknya halaman blog tidak mungkinlah saya menceritakan semua. Cukup yang baru saja terjadi dan baru saja saya lakukan.

Dengan niatan tidak ingin mengganggu lalu lintas dialog di grup WA yang saya ikuti dengan memposting tulisan yang tidak sesuai dengan misi grup, sekaligus untuk mempromosikan kegiatan baru di Facebook sebagai konsekuensi saya mengikuti program Affiliate dari shopee, maka untuk mengirimkan beberapa tulisan di blog, para teman saya arahkan untuk mengklik beranda Facebook saya, toh tulisan yang baru saja saya posting di blog juga ada di sana.

Namun mungkin karena saking padatnya jadwal kesibukan para teman saya, akibatnya tidak banyak dari mereka yang sempat meng-klik beranda Facebook saya. Padahal kalau terlalu lama melakukan klik, maka sudah ada tumpukan berita dari para teman yang ikut di Facebook saya di sana. Alhasil apa yang saya harapkan tidak akan kesampaian. 

Saya merasa kecewa sih tidak, tapi itu jelas tidak sesuai dengan tujuan semula saya (untuk melihat Facebook yang ada promosinya) serta esensi dalam saya menulis, karena tujuan saya menulis adalah untuk memperat tali silaturahmi,  berbagi informasi dan bila perlu ada diskusi. Disamping harus mengirimkan tulisan ke satu per satu teman, itu sangat merepotkan.

Tapi apa boleh buat, saya yang harus menyesuaikan diri. Ibarat menelan air ludah sendiri, ya sudah saya kembali lagi ke sistem door to door lagi.

Di sisi lain, memang program Affiliate dari shopee ternyata memang sangat menarik untuk diikuti. Disamping ada kesempatan untuk bekerja secara online, juga daripada menggunakan hp setiap hari untuk melakukan kegiatan yang tidak bermutu lebih baik memanfaatkan hp untuk cari pengalaman dan juga uang untuk keperluan keluarga . 

Dan nyatanya ada seorang wanita muda yang berhasil mendapatkan uang senilai 404 juta rupiah lebih dalam waktu sekitar 8 bulan di Affiliate Program dari Shopee. Apakah itu hanya rekayasa? Saya kira tidak. Buat apa dia melakukan rekayasa? Kita harus berpikir positif  tidak berprasangka negatif terhadap orang lain. Pasti dia punya beberapa kiat. Itu yang menarik untuk dijajaki. Betapapun menghasilkan uang segitu dalam waktu yang relatif singkat (tidak ada setahun) adalah peristiwa fantastis.

Affiliate Program Shopee hanya bertugas menawarkan barang, bukan menjual barang melalui media sosial yang kita punyai, seperti: Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Semakin banyak kita mempunyai pertemanan di sebuah media sosial kita semakin baik. Artinya semakin banyak yang melihat aktivitas promosi yang kita lakukan. Dan apabila ada yang tertarik dan membeli barang yang kita promosikan tadi maka kita akan mendapatkan komisi.

Komisi setiap barang berbeda. Minimal 5%, 6%, 8%, 10% dan sebagainya. Tidak peduli itu di satu toko yang sama atau tidak. Belum lagi kalau ada promo khusus di minggu atau bulan tertentu, komisinya bisa 2 kali lipat dari biasanya.

Saya sendiri share di 2 media sosial, Facebook dan Instagram. Di Facebook jumlah teman saya ada sekitar 3.100 orang, sedang di Instagram saya baru diikuti sekitar 100 orang saja. Padahal Twitter dan Linkedl saya juga punya. Ya, tidak usah serakahlah kita dalam mencari rejeki.

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, daripada jumlah uang yang dapat dihasilkan, saya lebih tertarik karena pekerjaan itu dapat saya lakukan kapan saja dan dimana saja. Toh saya sekarang mempunyai banyak waktu luang.

Tapi bukan berarti saya tidak putar otak bagaimana saya harus berusaha agar dapat menarik pemerhati setidaknya ada yang mau menengok beranda Facebook dan Twitter saya.

Maka ibarat sebuah toko, beranda Facebook, agar cantik menarik saya hiasi dengan tulisan blog serta berbagai informasi lowongan kerja yang saya dapatkan. Okelah mungkin tulisan blog bisa saja tidak dipedulikan tapi informasi lowongan kerja, saya kira ya banyak yang membutuhkan, entah itu informasi untuk anaknya, keponakannya, anak teman atau tetangganya. Itupun dalam berpromosi saya memakai kata-kata yang cair, friendly, yang enak dibaca sehingga pesan saya tersampaikan.

Yang penting kita sudah berusaha dengan segala daya upaya kita. Soal hasilnya, ya terserah Tuhan saja.
Jadi semua juga tergantung dari keyakinan, kesabaran, dan passion kita.

Have a nice day.

2 komentar untuk "SEBUAH USAHA MEMAKSIMALKAN SEBUAH USAHA "

  1. Semoga lekas sembuh pak guno ...sehat pulih kembali...terimakasih atas sumbangsih utk PHRD

    BalasHapus
  2. Trimakasih pak Guno sudah menjadi motivasi untuk kami.

    BalasHapus
Guno Display
Guno feed
Guno Artikel