PENTINGNYA MEMPUNYAI TIM MANAJEMEN YANG BAIK
Barangkali sudah banyak yang tahu. Namun barangkali ada yang kurang tahu. Bahkan mungkin ada juga yang ingin tahu. Yaitu tentang HRD (Human Ressource Department). Namun karena sesuai peranan yang diberikan menyesuaikan perkembangan jaman, maka HRD menambah fungsi sebagai Human Resource Development (pengembangan).
Bidang Personalia adalah merupakan cikal bakal bidang HR Departement. Dengan semakin adanya perkembangan jaman maka semakin luaslah tugas yang harus diemban. Personalia adalah serangkaian kegiatan mengelola SDM untuk berbagai urusan yang terkait dengan administratif. Sedangkan HR Departement mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan yang ada di perusahaan. Tugasnya semakin luas. Pekerjaan dan tugas mereka sehari hari adalah mulai dari proses rekruitmen, pengembangan, evaluasi, konsultasi, administrasi, hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), termasuk diantaranya meliputi mengelola gaji karyawan, menghitung dan membayarkan pajaknya, merekrut dan menyeleksi calon karyawan, dan masih banyak lagi lainnya. Selain tugas pokok tersebut, HRD juga harus membuat laporan setiap bulannya. Tidak hanya 1, tapi ada kurang lebih 4 laporan yang harus dikerjakan. Laporan kehadiran, laporan gaji, laporan izin/sakit, dan laporan cuti. Masing-masing memiliki data yang berbeda-beda tapi semuanya sama-sama akan menumpuk di akhir bulan. Sehingga tidak jarang tim HRD akan rentan terhadap stres karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Bahkan ada yang menganalogikan tugas HRD mengurusi rumah tangganya perusahaan. Semua berpusat di situ.
Dengan munculnya HR Development tugasnya semakin komplek yaitu merekrut karyawan, melakukan pengawasan serta kinerja karyawan, pengembangan diri karyawan, pemberian kompensasi serta benefit bagi karyawan, perencanaan karier karyawan.
Dewasa ini, semakin banyak tim HRD yang selanjutnya untuk lebih ringkas disebut tim HR saja, banyak yang mulai menyerahkan hampir semua tugas administrasi mereka pada aplikasi HR yang fitur-fiturnya sudah mencakup banyak fungsi. Selain membuat pekerjaan administrasi menjadi lebih cepat selesai, aplikasi HR juga memiliki tingkat kesalahan yang kecil. Sehingga ketepatan dan validitas pengelolaan data karyawan dapat dipermudah. Namun demikian, tim HR tetap membutuhkan team management yang baik. Mempunyai team management berarti memanfaatkan waktu dengan baik sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih cerdas. Apalagi mengingat banyak dan kompleksnya tugas-tugas tim HR, team management yang baik sangat diperlukan. Harus bisa menyeimbangkan antara tugas pokok dan tugas administrasi setiap bulannya. Tugas pokok meliputi pekerjaan-pekerjaan yang tidak dapat diolah oleh aplikasi HR, misalnya membuat program pengembangan karir, melakukan analisis data karyawan, sampai melakukan interview dengan calon karyawan.
Delain itu time management mengusahakan adanya penyelesaian pekerjaan sesegera mungkin, sebab setiap pekerjaan memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Harapannya dengan team management yang tepat akan dapat mendahulukan pekerjaan yang memiliki batas waktu paling singkat atau mendahulukan pekerjaan yang lebih mudah terlebih dahulu kemudian meningkat levelnya hingga yang paling sulit. Jika pekerjaan mudah selesai lebih cepat, maka dapat mengerjakan pekerjaan yang sulit dengan waktu yang lebih banyak. Dengan kata lain akan menghindarkan dari jam kerja lembur. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bekerja pada jam-jam yang seharusnya sudah digunakan untuk istirahat membuat kinerja karyawan menjadi menurun dan tidak maksimal. Maka lebih baik menghindari jam kerja lembur meskipun lembur juga dibayar.
Seperti yang kita ketahui, budaya kerja yang sehat adalah bekerja maksimal pada jam kerja seharusnya dan istirahat pada saatnya istirahat. Bukan menggunakan waktu istirahat untuk mengerjakan tugas kantor. Jika hal tersebut terlalu sering dilakukan, maka karyawan pada umumnya akan rentan mengalami stres karena pekerjaan.
Dengan memiliki team mananagement yang baik berarti menghilangkan sikap prokrastinasi. Sikap prokrastinasi adalah sikap sering menunda-nunda pekerjaan hingga waktunya hampir habis bahkan melampaui batas waktu yang seharusnya. Pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dalam waktu 4 jam dapat selesai dalam 1 jam namun hasilnya sangat berpotensi tidak maksimal atau berkualitas. Atau sebaliknya, pekerjaan yang bisa selesai dalam 1 jam justru selesai dalam waktu 3 jam karena diremehkan dan dicampur dengan kegiatan lain yang tidak ada korelasinya dengan pekerjaan tersebut. Apapun bentuknya, sikap prokrastinasi tidak baik dilakukan, baik itu untuk HR dan sebagai manusia maupun untuk perusahaan, pihak yang membayar kita.
Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, namun juga bagi semua karyawan yang tergabung dalam tim kita. Teame management yang baik akan membantu menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi dengan hasil yang memuaskan seperti misal mengelola gaji karyawan. Dengan demikian dapat fokus merancang program pengembangan karyawan dan program penunjang untuk mempertahankan karyawan dalam perusahaan. Oleh karenanya pekerjaan administrasi akan selesai tepat waktu tanpa mengurangi kualitas pemikiran kreatif dalam menginisiasi program karyawan.
Melihat banyak manfaat menerapkan team management yang baik, akan membuat kita menjadi lebih paham betapa pentingnya mengelola waktu dengan baik. Jam kerja setiap karyawan memiliki jumlah waktu yang sama, namun tidak semua karyawan mampu memanfaatkannya dengan baik. Penerapan disiplin waktu pada diri sendiri memang sulit namun harus selalu dilatih agar praktek team management dapat berjalan efektif dan stabil hasilnya. Dukunglah team management dengan aplikasi HR yang tepat.
Have a nice day.
Notes: Dari berbagai sumber.
Posting Komentar untuk "PENTINGNYA MEMPUNYAI TIM MANAJEMEN YANG BAIK"
1. Komentar harus relevan.
2. Komentar harus sopan.
3. Komentar dari yang beridentitas jelas.
4. Komentar harus singkat, padat, jelas.
5. Dll.