MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN SEKARANG
Dapat dimengerti dan dipahami dengan pesatnya kemajuan teknologi pasti mempengaruhi pola perilaku konsumen. Dan perubahan perilaku konsumen dirasakan sangat signifikan. Dengan demikian perusahaan produsen barang maupun jasa harus merubah strategi dagang mereka, khususnya di bidang marketing.
Perubahan perilaku konsumen itu dapat dirasakan dimana dengan sangat majunya teknologi internet, hanya dengan menggunakan komputer bahkan hanya menggunakan hp, para konsumen dapat melihat dan membandingkan harga dari sebuah benda yang sama hanya mengklik tombol saja. Bisa dibayangkan dengan banyaknya situs yang menawarkan barang, dalam satu menit seseorang bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan dan akan membuat sebuah keputusan. Tentu saja keadaan itu menjadi horor yang menakutkan bagi perusahaan produsen barang yang suka menaikkan harga barang.
Dengan demikian demi dapat terus berkelanjutannya bisnis, perusahaan harus mencari cara untuk mengantisipasi hal itu. Prinsip yang harus dipegang perusahaan harus memakai pola "menjemput bola, bukan menunggu bola". Diantaranya perusahaan harus sering memberikan pesan ke konsumen bahwa penekanannya bukan membandingkan harga tapi lebih mengutamakan kepada kebutuhan barang beserta kualitasnya. Perusahaan harus hadir sebagai pembela kepentingan konsumen dalam hal ini tentang pemilihan dan pembelian barang yang baik.
Yang benar adalah pelanggan tidak membandingkan label dari berbagai perusahaan tetapi lebih memilih apa yang kadang-kadang mereka gunakan. Juga, mereka adalah layanan penuh perhatian, kualitas, dan kepuasan pelanggan. Dengan demikian perusahaan jangan terpaku pada apa yang ditawarkan pesainga tetapi tetap fokus pada bagaimana meningkatkan layanan produk terbaiknya.
Di sisi lain perusahaan harus membuka pos untuk menolerir pelanggan. Maksudnya untuk menampung segala keluhan pelanggan. karena bagaimanapun harus diusahakan agar pelanggan jangan lari ke tempat lain. Lakukan intoleransi untuk membujuk mereka untuk cepat memeriksa apa yang bisa ditawarkan orang lain. Perusahaan harus menyadari bahwa pelanggan telah menjadi lebih kuat dari sebelumnya tetapi bertindaklah dengan cara yang simpatiksehingga pelanggan tetap setia kepada perusahaan kita. Keramahan dan kesediaan untuk memberikan lebih banyak informasi akan membantu mempertahankan lebih banyak klien.
Perusahaan harus giat merangkul pelanggan untuk berkomunikasi dengan mereka. Bangun lebih banyak kepercayaan dengan mereka. Ingat sedikit saja mereka menemukan keburukan perusahan maka informasi tersebut akan dengan mudah tersebar. Misal bila perusahaan menawarkan kualitas barang yang buruk namun melebih-lebihkan harga maka pelanggan akan dengan cepat beralih ke pesaing kita.
Langkah yang lain adalah mempersering memberikan informasi kepada konsumen. Buat konsumen mengetahui produk apa saja yang dimiliki. Berbagi informasi dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan yang telah mereka miliki. Tidak ada salahnya mengiklankan diri secara berulang-ulang.
Konsumen sekarang yang mengandalkan media online sebenarnya mereka bersifat mobile, bergerak dengan cepat malah. Oleh karena perusahaan harus dapat berkomunikasi melalui berbagai saluran yang ada dan memungkinkan untuk dijangkau. Setidaknya miliki semua situs sosial yang memungkinkan dan terus beri tahu mereka tentang produk perusahaan kita.
Perusahaan harus harus membuat strategi mengelola persaingan. Maksudnya memiliki situs yang aktif digunakan. Kemudian izinkan pelanggan mengakses data dari situs web perusahaan kita. Jika sesuai, lakukan obrolan langsung dengan mereka dan tanggapi masalah yang mereka miliki tentang perusahaan kita. Letakkan artikel yang bermanfaat melalui blog perusahaan. Informasi ini dapat membantu pelanggan yang mengalami kesulitan. Situs web adalah titik yang sangat baik untuk mendapatkan kepercayaan mereka pada perusahaan kita.
Di berbagai media sosial, perusahaa kita harus rajin berbicara dengan pelanggan. Bicarakan topik yang mereka sukai. Berdayakan pelanggan sesuai dengan apa yang perusahaan tawarkan kepada mereka. Mintalah nasihat mereka tentang cara terbaik untuk mencapai penjualan yang optimal. Sering-seringlah mempublikasikan sesuatu di halaman blog perusahaan.
Memanfaatkan pemasaran lewat email juga dirasakan sangat efektif. Disampimg cepat email dapat menampung file yang terperinci.
Jangan lupa untuk memeriksa dengan cermat tanggapan mereka terhadap strategi di atas, jika memungkinkan untuk dikerjakan maka lanjutkan. Ambil kesempatan tapi jangan takut apa-apa. Respon negatif dari klien adalah tanda bahwa Anda telah berkomunikasi. Lanjutkan sampai Anda memenangkannya.
Di dunia yang dilanda teknologi hebat ini, biarkan kepuasan konsumen menjadi inti dari bisnis perusahaan. Apakah perusahaan kita belum mendapatkan kepercayaan konsumena? Kuncinya adalah membangun cara perusahaan kita mengomunikasikan hal ini kepada mereka.
Jual produk perusahaan kita, jangan biarkan pintu internet merusaknya.
Have a nice day.
Notes: Dari berbagai sumber.
Tulisan lainnya dapat dilihat di:
solusi-guno.blogspot.com (Perpustakaan abadi).
guno-idea.blogspot.com Perpustakaan abadi in English).
Diusahakan setiap hari ada tulisan baru. Terima kasih.
Posting Komentar untuk "MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN SEKARANG"
1. Komentar harus relevan.
2. Komentar harus sopan.
3. Komentar dari yang beridentitas jelas.
4. Komentar harus singkat, padat, jelas.
5. Dll.