Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGATUR MANAJEMEN WAKTU SANGAT DIPERLUKAN. BAGAIMANA DENGAN ANDA ?

 

Semua manusia mempunyai durasi waktu yang sama yaitu 24 jam. Tapi pencampaian setiap manusia berbeda meskipun mereka ada yang berlatar belakang sama, bahkan persis. Apalagi yang berbeda. Secara umum pembeda hasil dikarenakan di faktor: persiapan dan kemampuan. Sedang unsur yang tidak umum yaitu adanya faktor keberuntungan. Yang terakhir ini bukan masalah kemustahilan tapi dapat dilihat dan dilogikan juga. Intinya: ada sebab tentu ada akibat. Ada asap tentu ada api.


Manusia berkepentingan soal hasil tapi soal persiapan jelas tidak dapat dikesampingkan. Oleh karena itu mereka ada yang sangat serius dalam mempersiapkan segala yang diperlukan, ada yang biasa saja, bahkan ada juga yang seadanya.

 

Manajemen waktu merupakan perencanaan dan pengendalian untuk menggunakan waktu waktu yang kita pakai dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Manajemen waktu pada prakteknya bisa saja dalam rangka untuk beberapa sasaran tapi tentu saja dalam pelaksanaannya menyesuaikan segi prioritas dari rencana yang dijalankan. Namun demikian tentu diusahakan agar tidak terjadi tumpang tindih antara satu dan lainnya.

 

Guno Display

Manajemen waktu ditujukan utuk proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Bagaimanapun manusia dalam mengemban segala tugas dan dalam menggapai segala kebutuhan dan kepentingannya harus mempunyai strategi dan skenario waktu yang dicakup dalam manajemen waktu. Hal itu diarahkan sebagai upaya menyeimbangkan berbagai tuntutan terhadap seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan sosial, keluarga, hobi, minat pribadi dan komitmen dengan keterbatasan waktu.

 

Manajemen waktu memang tidak bisa dipungkiri sangat tergantung kepada kepiwaian, kepintaran, kebijaksanaan, serta jelinya pengambilan keputusan seseorang. Hal itu tidak mudah karena bukan hanya melibatkan insting tapi juga kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang. Bahkan juga dapat melibatkan perangkat alat seperti komputer, hp, dan sebagainya.

 

Manajemen waktu semula ditujukan untuk kepentingan dan kebutuhan pribadi namun pada perkembangannya juga menjangkau untuk keperluan tugas pekerjaan dan kumpulan atau organisasi di luar perusahaan. Dengan demikian sistem manajemen waktu adalah kombinasi dari proses, alat, teknik dan metode yang dirancang sedemikian rupa. Meskipun begitu juga ada penyesuaian terkait kebiasaan yang ada dan variasi dalam konsep budaya.


Beberapa kemanfaatan dari manajemen waktu :

1.    Mempercepat mencapai sasaran yang ditentukan.

Untuk itu sangat dibutuhkan kedisiplinan yang ketat dan tegas. Bisa saja di tengah perjalanan ada hal-hal yang dapat membelokkan arah sasaran dengan perbagai perhitungan. Dengan tetap konsisten dan kontinyu melaksanakan apa yang sudah dikonsep dan direncanakan sejak semula maka dihrapkan akan menghasilkan mempercepat mencapai sasaran.

2.    Dengan tetap konsisten dan kontinyu di atas sesungguhnya kita telah berbuat yang efektif dan efisien. Segi prioritas harus diutamakan.

3.    Dengan kita menerapkan manajemen waktu sesungguhnya kita bertujuan untuk meningkatan produktivitas.

4.    Meningkatkan produktivitas pada akhirnya juga meningkatkan kepuasan dalam menjalankan pekerjaan.

5.    Menjalankan menejemen waktu tanpa kita sadari menimalkan waktu yang tidak berguna karena kita telah mengikrarkan diri untuk disiplin dan tegas.

6.    Dengan menjalankan manajemen waktu sesungguhnya kita meningkatkan peluang. Banyak peluang baru akan muncul ketika justru terfokus pada suatu sasaran. Hanya karena ini berbicara tentang manajemen waktu kita harus tetap fokus, komitmen, konsisten.

7.    Dengan menjalankan manajemen waktu sesungguhnya malah dapat mengurangi stres karena segalanya telah terjadwal, telah ada solusinya, telah ada alternatif pengamannya.

Guno feed

 

Harus diakui penghambat utama manajemen waktu adalah ketidakdisiplinan diri sendiri. Bisa dipahami karena tiba-tiba muncul permasalahan baru yang harus segera ditangani sampai tuntas, sehingga menyita waktu, pikiran, tenaga, bahkan beaya.

 

Kita dapat melatih diri tentang manajemen waktu secara sederhana. Anda mempunyai handphone (hp) bukan? Pernahkah anda memakai fitur jadwal di hp anda untuk rencana kegiatan yang akan datang anda? Biasanya dijawab: belum pernah. Pertanyaan sederhana: “mengapa?” Nah.



NB: Silahkan diklik gambar tiga baris sejajar cari kata ARSIP untuk mencari artikel yang lainnya. Terima kasih.


Guno Artikel

Posting Komentar untuk "MENGATUR MANAJEMEN WAKTU SANGAT DIPERLUKAN. BAGAIMANA DENGAN ANDA ?"