Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BILAMANA PETUNJUK DASAR SEORANG KARYAWAN PERLU DIREKOMENDASIKAN KE KEDUDUKAN YANG LEBIH TINGGI?

Promosi jabatan adalah suatu kejadian yang biasa dalam lingkungan perusahaan. Proses ini adalah sebuah apreasi bagi karyawan yang mampu menunjukkan sikap dan kinerja yang baik, sehingga layak mendapatkan penghormatan seperti ini. Tentu saja semua itu pasti sudah melalui seleksi serta tahapan penelitian yang serius dan optimal. Segalanya dilakukan secara obyektif dan fair. Di samping itu dengan memberikan promosi, perusahaan dapat memberikan fasilitas lebih baik dan tanggung jawab lebih besar pada karyawan tersebut agar dapat memberikan kontribusi lebih besar.


Bisa dimengerti bagi karyawan yang kemudian mendapat rekomendasi promosi tidak boleh bersikap sembarangan. Perlu diketahui, ada beberapa petunjuk yang menjadi dasar penilaian yang harus dipahami oleh perusahaan, khususnya bagian HR. Petunjuk dasar ini menjadi acuan utama dalam memberikan penilaian pantas tidaknya karyawan diberikan rekomendasi tanggung jawab yang lebih besar. Beberapa petunjuk dasar ini mungkin akan terdengar sangat konvensional, dan beberapa lainnya akan cenderung lebih modern. Meski konvensional, petunjuk dasar ini ini mampu menjadi ukuran seberapa besar kontribusi karyawan yang bersangkutan, sehingga bisa memenuhi syarat dipromosikan untuk jabatan yang lebih lanjut.


Petunjuk dasar yang pertama adalah masalah kedatangan karyawan di kantor. Meski kuno, hal ini dapat menunjukkan seberapa kesiapan karyawan tersebut untuk bekerja. Karyawan yang secara konsisten datang lebih awal, dapat menunjukkan niat bekerja yang tinggi serta semangat kerja yang besar. Karyawan yang rajin bekerja atau tidak dapat diterngarai dari hal ini. Mereka datang lebih awal sangat menyadari bahwa pekerjaan yang harus dilakukannya perlu dipersiapkan sebaik mungkin, sedini mungkin. Mereka adalah tergolong karyawan yang rajin dan sigap.


Guno Display

Lantas bagaimana dengan perusahaan yang tidak memiliki kantor? Apakah mewajibkan kehadiran karyawan di kantor? Maka petunjuk dasarnya akan sedikit bergeser yaitu ke waktu penyelesaian pekerjaan. Semakin cepat pekerjaan diselesaikan dan dilaporkan, maka dapat menjadi pertanda bahwa karyawan tersebut memiliki semangat yang sama dengan karyawan yang datang lebih awal di kantor.


Petunjuk dasar yang lain karyawan yang cerdas dan mempunyai rasa percaya diri yang kuat. Ketika ada rapat yang rutin kita lakukan, sering kita mendapati karyawan yang pasif dan cenderung tidak banyak berbicara mengungkapkan pendapatnya. Karyawan yang berpotensi besar tidak akan melakukan hal ini. Dia akan melakukan sebaliknya. Dia akan memberikan respon atas apa yang tengah dibahas dan mengungkapkan pendapatnya dengan penuh rasa  percaya diri dan terstruktur jelas. Bila kita menemui karyawan seperti itu, tandai karyawan tersebut pada daftar karyawan yang akan direkomendasikan untuk promosi jabatan. Paling tidak, karyawan tersebut memiliki rasa percaya diri dan kemampuan berbicara yang baik di depan umum. Terlebih jika pendapat yang disampaikannya segar dan berkualitas, maka akan menjadi nilai tambah untuknya.


Perlu diketahui setiap karyawan memiliki model atau cara kerja yang berbeda-beda. Misalnya ada satu karyawan yang dapat bekerja dengan baik, namun penyelesaian kerjanya selalu mendekati batas akhir. Ada juga karyawan yang sebenarnya biasa saja, tapi mempunyai tempo kerja yang tangkas, teratur dan terorganisir dengan baik sehingga pekerjaannya mampu selesai beberapa hari sebelum waktu yang ditentukan. Dengan demikian ini dapat menjadi petunjuk dasar bahwa karyawan teresebut  mempunyai kemampuan mengorganisir pekerjaan. Karyawan dengan kemampuan organisir pekerjaan yang baik dapat mencerminkan bahwa karyawan tersebut mampu mengalokasikan waktunya dengan tepat dan efektif. Ini menjadi pentunjuk besar dalam rekomendasi kenaikan jabatan.


Juga dapat dilihat setelah karyawan menyelesaikan pekerjaannya, lihat apa yang dilakukan pada waktu sisa yang dimilikinya. Karyawan yang baik, akan melanjutkan pekerjaan lain atau menawarkan bantuan pada rekannya yang mengalami kesulitan. Kualitas individu semacam ini menjadi petujuk penting sebab karyawan tersebut dapat menunjukkan kepekaan sosial yang besar pada lingkungannya. Karyawan yang rela membantu orang lain juga memiliki nilai tambah dalam penilaian. Kepekaan yang muncul tidak hanya perihal membantu orang lain, namun paham kapan waktunya berbicara, kapan waktunya mendengarkan dan kapan waktunya bekerja. Karyawan semacam ini biasanya sangat mudah beradaptasi karena dapat mengerti apa yang dirasakan orang disekitarnya.


Itulah beberapa petunjuk dasar yang dapat dugunakan untuk merekomendasikan seorang karyawan agar mendapatkan rekomendasi guna dapat menduduki posisi yang lebih tinggi.


Guno feed

Have a nice day.



Notes: Silahkan di klik tanda tiga baris di sebelah kanan atas lalu muncul kata ARSIP lalu di klik akan muncul pilihan bulan kapan tulisan dimuat, silahkan pilih.


Guno Artikel

Posting Komentar untuk "BILAMANA PETUNJUK DASAR SEORANG KARYAWAN PERLU DIREKOMENDASIKAN KE KEDUDUKAN YANG LEBIH TINGGI?"