Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANDA INGIN MENYELENGGARAKAN WEBINAR?

Semua tentu sudah mengetahui bahwa wabah Covid 19 banyak menimbulkan perubahan di hampir semua lini kehidupan. Baik itu mengenai kesehatan, tatacara pergaulan, tatacara mencari penghasilan, termasuk yang bertujuan ke arah jumlah penghasilan. Banyak bidang usaha yang runtuh dan memaksa manusia untuk memakai cara baru untuk memenuhi kebutuhannya.


Untung di jaman yang sudah moderen ini banyak peralatan yang sudah canggih sehingga relatif memudahkan dalam penggunaan cara dan penyampaiannya.


Saat ini penyelenggaraan penyebaran informasi baik itu berupa workshop, seminar, atau rapat banyak mengggunakan cara webinar. 


Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet. Padahal dapat saja itu berupa workshop atau sekedar rapat biasa. Tapi tetap saja orang menyebutnya sebagai webinar atau web seminar.


Tentu saja ada beberapa keuntungan dari penggunaan webinar, baik untuk peserta maupun untuk penyelenggara. Yang paling menyolok adalah tidak adanya beaya tranportasi dan konsumsi dan akomodasi karena webinar dapat diselenggarakan dan diikuti dari tempat atau rumah masing-masing. Kalau itu adalah webinar berbayar adalah wajar karena mengundang narasumber yang sangat kompeten dan materinya sangat diperlukan sehingga tentu harus dibayar. Demikian juga penggunaan media zoom itu sendiri yang memang harus berbayar. Namun demikian jumlah pembayaran mengikuti  webinar relatif tidak besar.


Guno Display

Di lain pihak, si penyelenggara atau si narasumber dapat membagi paket materinya sampai berjilid-jilid, yang harga perjilidnya berbeda di setiap sesi pertemuan webinar, baik mengenai durasi waktunya maupun harganya itu sendiri.


Sebenarnya bila dapat menjalankannya dengan optimal, akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Mulai dari menjaring audience hingga mengiklankan brand, inilah keuntungan menggunakan webinar untuk membagikan informasi: Bisa saja dalam penyelenggaraan webinar diisi dengan penampilan iklan dengan menampilkan logo perusahaan pengiklan atau dengan cara yang lainnya, pemutaran video berupa iklan atau menampilkan testimoni dari seorang tokoh terkenal.


Sama halnya seperti mengumpulkan anggota yang memiliki satu kesamaan, audience yang akan kita dapatkan merupakan orang-orang yang tertarik dengan tawaran webinar kita. Para “penonton” ini adalah orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang ditawarkan. Oleh karena itu perhatikan dan cermati pemilihan topik.


Seperti yang sudah saya tulis tadi, bisa saja topik dibuat berseri dengan atau tanpa menggunakan topik lain. Intinya dibuat panjang. Atau bisa saja dengan memberikan kiusioner atau inovasi baru untuk bisnis. Dengan demikian dapat memunculkan ide bisnis baru. Atau persiapkan berbagai pertanyaan yang relevan sehingga bisa memberikan jawaban atau solusi yang kita butuhkan.


Sebagaimana yang sudah disebutkan tadi webinar dapat juga dijadikan sebagai sarana beriklan atau promosi produk atau campaign terbaru. Dengan  menggunakan webinar dapat  untuk membagikan informasi terkait peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang dijalankan. Tapi jangan lupa, tetap utamakan kualitas materi yang akan dibagikan dalam webinar. Bagaimanapun webinar yang berkualitas adalah ketika webinar tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.


Seorang Wikipediawan pecinta bahasa Indonesia, Ivan Lanin, pernah membagikan tweet mengenai dua istilah lain yang dipahami sebagai webina:


Yang pertama Web broadcast (webcast) yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “siaran web” berbeda dengan webinar berdasarkan jumlah penonton karena webcast dapat “dihadiri” oleh ribuan orang atau lebih, jauh lebih banyak ketimbang webinar yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang.


Yang kedua Web conference atau video conference yaitu yang dalam bahasa Indonesia adalah telekonferensi (telekon) juga berbeda dengan webinar jika dilihat dari arah komunikasi, karena webinar biasanya terjadi dari satu arah sedangkan peserta dalam telekon biasanya dapat melakukan diskusi dengan pembicara.


Sedang jenis webinar yang telah dikutip dari entrepreneur.com adalah sebagai berikut:


The Lead-Generation or Sales Webinar adalah jenis webinar yang sering dipakai oleh para pemasar untuk meningkatkan jumlah leads. Jenis webinar ini biasanya hanya meminta peserta untuk mendaftarkan data diri dan email di website. Sebagai gantinya, panitia akan memberikan akses ke webinar serta materi atau modul yang nantinya akan dibutuhkan saat seminar berlangsung. Dengan demikian bila kita adalah pemasar yang hendak menjalankan jenis webinar ini, pastikan tidak hanya mengincar peningkatan jumlah leads atau audience tapi sekaligus dapat memberikan ilmu atau informasi yang benar-benar berguna bagi para peserta seminar, karena tujuan webinar adalah untuk memberikan pemahaman bagi para audiensnya.


The One-Off For-Profit Webinar adalah bila kita pemasar, kita akan mencari keuntungan langsung melalui webinar ini, karena para peserta yang ingin mengikuti webinar ini harus membayar terlebih dulu jika ingin mendaftar. Kelebihan yang bisa didapat oleh peserta webinar adalah pembicara yang sudah profesional, topik berkualitas, dan “keuntungan” yang menjanjikan berupa ilmu yang sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan.


Guno feed

The Multi-Module Webinar or Webinar Series adalah jenis webinar yang bisa disebut sebagai tipe webinar dengan topik paling mendalam. Mengingat webinar ini dibagi menjadi lebih dari satu episode, topik yang dipilih tentunya dapat dijelaskan secara komprehensif. Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan lebih banyak jika ingin mengajukan pertanyaan dan pertanyaan yang mungkin bisa menjadi topik pada seri webinar selanjutnya.


Pastikan topik yang kita pilih menarik dan menjual dengan demikian para peserta yang menghadiri webinar dapat mendapat manfaat sehingga dalam mengikuti webinar mereka merasa waktu dan beaya yang telah mereka habiskan untuk menghadiri webinar tidak percuma.


Ada celah antara informasi dan pengetahuan, temukan cara agar kita dapat mengedukasi calon konsumen yang saat ini menjadi target webinar. Tempatkan pembicara sebagai seorang ahli, bantu mereka untuk meraih tujuan yang ingin mereka capai sesuai dengan fungsi dan porsi yang bisa kita lakukan dan lihatlah bagaimana bisnis ini berkembang. Demikian sebaliknya bila kita adalah orang yang menjadi peserta webinar, carilah pembicara yang memang ahli di bidang mereka, tentukan lagi apakah webinar tersebut bisa membantu meningkatkan pengetahuan kita tentang suatu pembahasan atau tidak.


Yang terpenting dari semua itu sebagai narasumber atau penyelenggara webinar sebaiknya dalam menyelenggarakannya jangan ditangani sendiri tapi dengan mengajak teman yang lain sehingga dapat menggunakan link yang mereka punyai untuk pemasaran bersama.




NB: Silahkan diklik gambar tiga baris sejajar cari kata ARSIP untuk mencari artikel yang lainnya. Terima kasih.

Guno Artikel

Posting Komentar untuk "ANDA INGIN MENYELENGGARAKAN WEBINAR?"