Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJAUHMANA PERHATIAN KITA PADA PEMBELIAN BARANG UNTUK KANTOR

Ketika berada di kantor pernahkah kita berpikir tentang pengadaan barang atau peralatan di kantor? Barangkali kita berpendapat itu bukan bagian kita, jadi bukan urusan kita. Baiklah. Tapi dapat menjadi tahu bukankah itu akan terasa lebih baik?

 

Ketika tahu kenyataannya kita dapat menjadi heran. Harga barang-barang ternyata dapat di luar perkiraan kita. Contoh yang sederhana adalah harga kursi empuk, dari perkiraan berharga sekian ratus ribu bahkan sekian juta rupiah, ternyata berharga dari sekian ratus ribu dibawah harga sekian ratus ribu yang tadi kita perkirakan.

 

Kuncinya, adalah di perbedaan merek atau mungkin juga di tahun pembuatannya. Sebuah merek apalagi yang sudah mempunyai branding, apalagi yang selalu memunculkan iklan di tv atau masmedia lainnya pasti berharga mahal. Dan benar mungkin kita pernah membaca harganya.

 

Padahal yang berbeda merek tadi bisa saja berharga lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, atau bahkan lebih baik. Beaya iklan, itu kuncinya. Beriklan memang membutuhkan dana. Banyak permasalahan di sana: Mulai di mana tempat beriklan, durasi waktunya, sampai pada bentuk iklannya. Apabila iklannya membutuhkan peran oran lain, apalagi seorang artis yang sedang ngetop tentu harganya semakin membengkak.

 

 Bagi mereka yang memang dalam kondisi dengan anggaran yang terbatas yang tidak ingin menghabiskan banyak uang ada baiknya menghindari barang yang diiklankan ini. Namun bukan tidak menutup kemungkinan barang yang diklankan memang kualitasnya juga baik. Mereka mengambil jalan beriklan karena media tv apalagi internet dapat menjangkau daerah-daerah yang memang sulit dijangkau. Belum lagi dalam beriklan info dan datanya lebih lebih mudah dimengerti. Jadi lebih akurat.

Guno Display

 

Hal selanjutnya adalah: jangan lupa tanyakan tentang beaya perbaikan apabila barang tersebut rusak. Atau tanyakan bagian mana dari barang tersebut yang mudah rusak. Tanyakan juga kemungkian rusak yang paling untuk ditangani. Secara lebih detil tanyakan juga bila harus ada pergantian di bagian yang rusak belinya di mana? Tempatnya jauh atau tidak? Dapat dibeli melalui apa? Berapa beayanya?

 

Memang terasa merepotkan ketika berbicara tentang kerusakan barang dan penanganannya. Tapi bukankah setiap barang pada suatu saat akan mengalami kerusakan? Kerusakan barang bisa dibagi: ringan, sedang, berat. Di masing-masing bagian tersebut tentu mempunyai karakateristik tersendiri. Mulai dari macam barangnya sampai pada besaran beayanya.

 

Itulah sebabnya orang suka membeli barang yang bergaransi. Semakin lama masa garansinya tentu semakin bagus. Masalah garansi tentu sudah melalui perhitungan dari pihak produsen barang. Mulai dari tingkat kerusakan, bagian mana yang rusak dan masuk dalam program garansi, sampai pada durasi masa atau waktu dan harganya.

 

Hal selanjutnya adalah masalah diskon. Di sadari atau tidak diskon dapat menjadi medan tempur di antara para perusahaan produsen barang. Medan perang tidak hanya mengenai tempat untuk tempur, tapi juga terkait tentang harga, harga serta durasi masa atau waktu pelayananan.

 

Bahkan jika  misalnya kita membeli kursi untuk satu kantor kursi, kita masih bisa mendapatkan diskon hingga 30 persen dari harga eceran yang disarankan. Saat kita membeli semakin banyak kursi kantor, tentu diskon akan semakin besar dan besar.

 

Oleh karena itu, selalu merupakan keputusan cerdas untuk membeli kursi kantor atau barang apapun dalam jumlah besar. Jika kita memiliki banyak karyawan, kita akan menghemat ratusan bahkan mungkin jutaan ribu rupiah karena membeli barang dalam jumlah banyak.

 

Jangan lupa masalah uji cobaJika kitmisal suatu saat berencana membeli banyak kursi kita harus meminta beberapa kursi untuk dibawa ke kantor. Kemudian, kita dapat membiarkan karyawan kemudian memilih untuk kursi yang paling mereka sukai. Padahal standar kursi cukup untuk memenuhi kebutuhan kebanyakan orang, mungkin saja masih perlu membeli kursi lain. Misalnya, untuk orang yang terlalu tinggi atau pendek membutuhkan kursi khusus, atau mereka yang memiliki banyak beban. Tidak ada kursi yang siap untuk semua orang pada saat tubuh manusia dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tentu saja semua itu harus melalui kesiapan.

 

Pada akhirnya kita harus membuat keputusan. Kita dapat  membeli kursi baik secara lokal, atau online, silahkan tinggal pilih. Meskipun mungkin lebih murah secara online, kita masih harus mengkhawatirkan beaya dan waktu pengiriman. Terutama bila jaraknya jauh. Perlu juga dilihat metode cara pengirimannya. Bagaimana dan memakai apa.

 

Membeli  secara lokal adalah cara terbaik. Apalagi mengingat bentuk fisik maupun sistem kerjanya yang mungkin rentan bila beli dari tempat yang terlalu jauh.

 

 Mereka yang berencana mendapatkan hasil maksimal dari dari barang yang dibeli atau kegunaannya bagi kantor dan karyawan mereka harus mencari yang paling nyaman aman selain memikirkan faktor uang. Karyawan kita akan merasakan dan bekerja jauh lebih baik, aman, dan nyaman dengan kursi atau baran-barang yang telahan kita  beli. Dengan demikian kita  telah melakukan investasi untuk kelancaran kerja karyawan dan perusahaan.

Guno feed


Have a nice day.




NB: Silahkan diklik gambar tiga baris sejajar cari kata ARSIP untuk mencari artikel yang lainnya. Terima kasih.


Guno Artikel

Posting Komentar untuk "SEJAUHMANA PERHATIAN KITA PADA PEMBELIAN BARANG UNTUK KANTOR"