Sudahkah anda melakukan pemasaran email secara efektif?
Di jaman yang serba moderen ini sudah biasa dan harus bergerak dengan cepat. Utamanya masalah berbisnis. Ini dapat dimengerti karena bila tidak bergerak dengan cepat maka pihak kompetitor akan bergerak lebih cepat. Pameo sekarang adalah siapa yang cepat dia yang dapat.
Hal ini tidak saja mengenai pergerakan dasar dari sebuah usaha, tapi juga mengenai hal yang paling mendasar yaitu pemasaran email. Pada kenyataannya hal ini menjadi salah satu bentuk periklanan Internet yang paling populer. Hal itu dikarenakan ada banyak keuntungan berbeda dari konsep pemasaran email. Tapi harus diakui pemasaran email juga memiliki beberapa kelemahan.
Dapat dimengerti pemasaran email tentunya memiliki serangkaian keunggulan unik dibandingkan jenis pemasaran lainnya baik online maupun offline. Sangat dimungkinkan salah satu keuntungan paling signifikan dari pemasaran email adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens di seluruh dunia dengan sedikit usaha. Sehingga sangat mungkin untuk menjangkau khalayak di seluruh dunia dengan jenis periklanan lain karena sebagaimana kita ketahui jenis periklanan tradisional seperti televisi, radio dan media cetak hampir tidak efektif untuk menjangkau pelanggan potensial di seluruh dunia sekaligus.
Ada keuntungan utama yang lain dari pemasaran email adalah harganya yang sangat relatif terjangkau. Ini perlu dimengerti karena terdapat beberapa jenis pemasaran lain, termasuk pemasaran Internet, yang secara signifikan dirasakan relatif lebih mahal daripada pemasaran email. Biaya yang terkait dengan pemasaran email sangat minimal. Memang idealnya Anda sudah memiliki daftar penerima email yang jelas tertarik dengan produk dan layanan Anda sehingga tidak ada biaya yang terkait dengan mendapatkan daftar alamat email. Selain itu, biaya untuk mengirim email menjadi minimal dan dapat dianggap sebagai bagian dari biaya operasional reguler Anda. Semua faktor ini bisa dirasakan sudah membuat pemasaran email sangat hemat biaya.
Tentu tidak dapat dihindari adanya beberapa biaya yang terkait di pemasaran email. Dimana terkait dengan penulisan iklan dan pembuatan grafik yang diinginkan yang akan menyertai iklan email. Dapat dimengerti karena mereka membutuhkan mempekerjakan seorang penulis untuk menulis salinan untuk iklan dan seorang desainer untuk membuat dan mengimplementasikan grafik. Dengan demikian akan menimbulkan biaya layanan dan akan sangat bervariasi terutama akan membayar untuk penulis dan desainer yang mempunyai banyak pengalaman. Ini karena para penulis dan desainer ini diharapkan mampu menghasilkan karya yang lebih berkualitas sehingga yang dihasilkan akan sangat baik dan menarik.
Dari yang diketahui kerugian yang paling jelas dari pemasaran email adalah kemungkinan pemasaran email Anda dipandang sebagai spam. Ini adalah masalah yang sangat penting karena bisa jadi sangat mahal dan berpengaruh dalam hal margin keuntungan untuk bisnis Anda. Perlu diketahui, setiap hari pengguna internet sering dibombardir dengan email yang tidak dikehendaki dimana mereka berfungsi sebagai iklan. Banyaknya spam yang menyusup ke kotak email pengguna Internet yang tidak bersalah membuat mereka harus berhati-hati dan menaruh curiga tentang email apa pun yang mereka terima yang tidak diminta dan tampaknya mempromosikan produk atau layanan tertentu.
Diketahui pula email yang berisi baris subjek atau konten yang tampak mirip dengan spam dapat secara otomatis ditransfer ke folder email spam oleh sistem email. Dengan bwgitu email yang tidak dihapus secara otomatis dapat dihapus tanpa dibuka hanya karena penerima tidak mengenali pengirim email tersebut. Oleh sebab itu kedua masalah ini pada dasarnya dapat mengakibatkan terbuangnya waktu bagi pemilik bisnis karena penerima bahkan tidak melihat email yang mengiklankan produk dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis tersebut.
Dengan demikian Anda telah memahami keuntungan dan kerugian pemasaran email. Tapi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat memaksimalkan keuntungan menggunakan pemasaran email untuk keuntungan Anda. Faktor terpenting untuk itu perlu dipertimbangkan adalah daftar distribusi email Anda. Ini harus terdiri dari mantan pelanggan yang telah menyatakan keinginannya untuk menerima email dengan informasi dan iklan yang menarik dan potensial.
Hal lain adalah isi email harus dipertimbangkan dengan cermat. Mereka tentunya harus menyoroti produk dan layanan yang Anda tawarkan. Seorang penulis yang berpengalaman dalam menulis salinan jenis ini harus dapat membantu Anda dalam memberikan salinan yang berwawasan dan akurat juga memikat pembaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan layanan Anda. Terakhir, email Anda harus memberikan ajakan untuk segera bertindak kepada pembaca. Ini harus menjadi pernyataan yang mendorong pembaca untuk mengambil tindakan tertentu seperti melakukan pembelian atau meneliti suatu produk.
Have a nice day.
Notes: blog ini diusahakan setiap hari ada tulisan baru. Terimakasih.
Posting Komentar untuk "Sudahkah anda melakukan pemasaran email secara efektif?"
1. Komentar harus relevan.
2. Komentar harus sopan.
3. Komentar dari yang beridentitas jelas.
4. Komentar harus singkat, padat, jelas.
5. Dll.