KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAPAT MENJADI GAMBARAN SOSOK KITA
Tidak dapat dipungkiri dalam menjalin korelasi dan demi terjaminnya hubungan kerja yang baik dan efektif, faktor komunikasi menjadi unsur yang sangat penting dalam menjalani hidup dan kehidupan.
Oleh karena itu komunikasi yang efektif menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalin hubungan, tidak hanya saat bersama pasangan namun juga dengan rekan kerja atau keluarga. Komunikasi menjadi salah satu cara, ketika berusaha untuk memberikan respons kepada lawan bicara. Tapi jangan salah, berkomunikasi tidak hanya sekedar saling berbicara, namun juga harus mampu saling mendengarkan.
Salah satu contoh komunikasi yang efektif adalah, ketika kedua pihak atau lebih mampu menyimak pernyataan seseorang dan memberikan respons, bisa dalam bentuk pertanyaan atau memberikan kritik atau saran, akan menunjukkan bahwa mereka paham meskipun itu berarti setuju atau bertentangan.
Dalam berkomunikasi, kita memang diperkenankan untuk mengutarakan pendapat. Namun bukan berarti kita tidak membiarkan lawan bicara untuk mengutarakan pendapatnya, terkadang mendengarkan lawan bicara juga penting. Kita menjadi tahu apa yang disampaikan serta tahu apa sebenarnya yang ingin dia atau mereka harapkan.
Komunikasi yang efektif juga memerlukan tanggapan dari pihak lain, pernyataan yang telah disampaikan oleh lawan bicara memerlukan tanggapan, bisa dengan mengajukan pertanyaan, usulan, saran, atau kritikan. Dengan demikian kita dianggap sebagai partner komunikasi yang baik, karena mau mendengarkan apa yang lawan bicara coba sampaikan.
Dalam berkomunikasi juga harus dapat menyampaikan informasi secara jelas, sehingga tidak menimbulkan salah paham dari pihak lain. Penjelasan informasi dengan jelas dan akurat, tentunya akan membuat lawan bicara memahami apa maksud dari yang ingin disampaikan. Sehingga dapat menghindari salah paham yang dapat berujung pada salah sasaran serta menimbulkan konflik dengan pihak lain. Hasilnya serba kacau. Dalam berkomunikasi harus berjalan berimbang. Tidak boleh ada yang merasa lebih berkuasa dari yang lain.
Komunikasi yang efektif juga membutuhkan komunikasi verbal dan nonverbal di saat bersamaan, demi terciptanya komunikasi yang efektif. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau tersenyum, bisa menciptakan suasana komunikatif yang baik. Ditambah lagi gerakan verbal, yaitu melalui penyampaian informasi atau tanggapan secara jelas tentang apa yang diberikan kepada lawan bicara.
Tidak perlu diragukan kepercayaan bisa timbul melalui komunikasi, sebab jika bisa mendengarkan lawan bicara, atau memberikan nasihat atau saran ketika diminta, maka lawan bicara dapat menaruh kepercayaan kepada kita. Namun harus diakui tidak semua orang membutuhkan nasihat atau tanggapan karena memang ada beberapa orang yang hanya membutuhkan pendengar saja bagi mereka yang hanya ingin mengutarakan pendapat atau perasaannya saja.
Harus disadari komunikasi yang efektif juga berguna untuk mencegah atau mengatasi masalah, karena bila dapat membangun komunikasi dengan baik maka lawan bicara bisa mengerti apa yang kita kehendaki. Demikian juga sebaliknya. Dengan demikian tidak akan menimbulkan adanya masalah atau konflik.
Dengan membangun komunikasi yang baik akan mudah bagi kita untuk menyerap instruksi, menciptakan suasana yang harmonis serta kondusif dan menjaga kekompakan. Dengan demikian suasana seperti ini sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas kelompok, dimana kita juga bisa menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi :
Usahakan jangan memotong pembicaraan seseorang. Tidak ada seorangpun merasa senang ketika mereka masih berbicara, namun orang lain mencoba memotongnya. Masalahnya bukan hanya bersikap tidak sopan, namun sikap tersebut menandakan bahwa kita tidak dapat membangun komunikasi dengan baik. Sikap seperti ini bisa menjadi bumerang bagi kita dimana akan menimbulkan anggapan negatif orang lain kepada dan bahkan dikhawatirkan orang lain menjadi malas untuk memberi tanggapan kepada kita.
Selain itu pastikan terlebih dahulu bahwa kita menguasai materi yang ingin dibicarakan, sehingga terjadi kesinambungan antara kita dengan lawan bicara sehinga komunikasi akan berjalan lancar terlebih bila bisa memahami topik pembicaraan dan memberikan respons yang baik.
Tidak apa, yang ingin kita sampaikan kita konsep lebih dulu agar pembicaraan yang akan kita lakukan tidak melebar kemana-mana. Namun kita juga siap apabila tanpa dapat kita hindari, pembicaraan menjadi melebar juga. Itu tidak menjadi masalah asal masih dalam koridor materi yang kita bicarakan.
Ada baiknya kita perlu menggunakan gaya bahasa yang baik, dapat yang sifatnya formal, namun kita juga berbicara secara informal, utamanya bila berbicara kepada teman, keluarga, rekan kerja, keluarga jika usianya atau pasangan. Harus disadari penggunaan gaya bahasa dapat membantu cara berkomunikasi kita. Juga sangat diperlukan kita harus dapat berpikir secara kritis dan progresif demi dapat terpecahkan masalah yang sedang dibicarakan.
Tolak ukur menandakan bahwa komunikasi kita terbilang efektif adalah, ketika kita mampu menyampaikan pesan dengan baik dan dapat dipahami oleh lawan bicara kita.
Selain itu tolak ukur lainnya adalah kemampuan dalam mendengarkan dengan baik, ketika seseorang mencoba menyampaikan pesan atau mengutarakan pendapatnya. Hal ini terbilang cukup penting dalam menciptakan komunikasi efektif.
Mungkin banyak orang akan menganggap bahwa menjalin komunikasi yang efektif, merupakan hal yang mudah karena hanya sekedar berbicara, nyatanya tidak hanya hal itu yang perlu diperhatikan. Kaya akan wacana, dapat bersikap luwes, dapat berbicara dengan tegas dan jelas, bisa melepas joke yang segar, bisa merangkum masalah dengan cepat dan cermat, adalah beberapa poin yang dapat memberikan nilai tambah pada keberhasilan komunikasi kita.
Kepandaian dan keluwesan kita dalam berkomunikasi dapat mencerminkan sosok kita. Kewibawaan, kecerdasan, keceriaan. Sikap elegan kita dapat dilihat lewat komunikasi yang kita lakukan.
Have a nice day.
NB: Silahkan diklik gambar tiga baris sejajar cari kata ARSIP untuk mencari artikel yang lainnya. Terima kasih.
Posting Komentar untuk "KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAPAT MENJADI GAMBARAN SOSOK KITA "
1. Komentar harus relevan.
2. Komentar harus sopan.
3. Komentar dari yang beridentitas jelas.
4. Komentar harus singkat, padat, jelas.
5. Dll.