Mari bicara tentang rem kendaraan anda
Seperti diketahui garis rem logam yang berada di bawah mobil atau truk Anda mentransfer gaya dari pedal di bawah kaki Anda ke kaliper dan cakram. Ketika Anda mencoba berdiri di atas pedal itu akan terasa cukup keras, karena untuk mendapatkan getaran ABS dan tekanan saluran dapat melonjak hingga 1.400 psi (97 bar) atau lebih. Anda dapat membandingkan pasokan air rumah tangga Anda yang beroperasi pada sekitar 50 psi (3,5 bar). Kemudian dengan tekanan setinggi itu, Anda ingin berpikir untuk memperbaiki jalur rem yang rusak atau berkarat?
Ada pertanyaan; Apa yang terjadi dengan semakin bertambahnya usia kendaraan? Kekuatan burst akan menurun dengan bertambahnya usia SAE standar standar akan menentukan kekuatan saluran rem minimum untuk memastikan mereka tidak meledak di bawah pengereman yang paling ekstrim.
Korosi adalah merupakan jawaban. Korosi juga dapat terjadi di dalam saluran rem. Cairan rem mengandung inhibitor, tetapi ini dapat memburuk seiring berlalunya waktu, itulah mengapa Anda harus mengganti cairan tersebut setiap beberapa tahun meskipun banyak orang yang tidak melakukannya. Bisa jadi saluran rem rusak. Kecelakaan adalah penyebab yang jelas, tetapi terkadang bisa terjepit oleh dongkrak atau penyangga gandar yang posisinya buruk.
Intinya adalah, garis rem akan kehilangan kekuatannya seiring bertambahnya usia. Mengingat Anda tidak ingin membiarkannya meledak saat berhenti darurat, apakah Anda tidak ingin memperbaiki atau mengganti? Selama perakitan mobil dan truk, saluran rem bagian bawah bodi mobil ada penataan beberapa komponen yang harus dipasang. Hal ini sering kali menyebabkan penurunan tangki bahan bakar, subframe, atau transmisi. Inilah sebabnya mengapa memperbaiki tampak menarik; itu membutuhkan tambahan pekerjaan.
Dapat dipastikan bila Anda akan memperbaiki saluran rem, Anda mungkin akan menyambung di bagian baru. Mungkin Anda dapat mengelas atau menyolder dengan cukup baik sehingga tahan terhadap 1.400 psi, tetapi jangan lupa bahwa ada peningkatan risiko korosi pada sambungan. Memasang saluran rem baru jelas merupakan solusi yang lebih aman. Bila untuk banyak kendaraan, dapat membeli saluran rem yang sudah dibentuk sebelumnya. Tidak dapat dipungkiri, ini tidak sesederhana itu karena Anda perlu membuang semua bagian dengan cara ini, tetapi itu bisa dilakukan. Solusi lain adalah dengan membeli kit saluran rem. Kit ini mencakup panjang tabungnya yang dapat disulut sebelumnya dengan pengencang terpasang. Anda membengkokkannya agar pas sesuai kebutuhan.
Anda juga dapat mencoba sebagai alternatif, yaitu dapat merakit dan membentuk saluran rem pengganti Anda sendiri. Beli saja tabung berkualitas, alat kelengkapan yang tepat, dan alat yang diperlukan untuk menyulut ujungnya dengan tepat. Jalur rem pengganti tersedia dalam baja, nikel-tembaga, dan PVF (polivinil fluorida).
Harga garis rem baja tidak mahal, tetapi harus disadari sisi negatifnya, yaitu bisa menggantinya hanya dalam beberapa tahun. Biaya pipa nikel-tembaga lebih mahal, tetapi bahannya tahan korosi dan akan bertahan lebih lama dari baja biasa. Dan sebagai tambahan, semua itu mudah dibentuk.
Boleh juga memiliki opsi untuk menggunakan PVF. PVF yang secara teknis adalah lapisan polimer yang diaplikasikan di atas jalur rem baja untuk mencegah korosi. Garis rem ini sangat tahan lama, berkat lapisan yang kuat, dan juga sangat kuat.
Ingat, jangan pernah mengambil risiko pada saluran rem yang lama atau rusak. Mereka bisa meledak saat Anda sangat membutuhkannya. Tetu lebih aman dengan menggantinya.
Have a nice day.
NB: Jadilah pengikut blog ini dan agar tidak ketinggalan. Beri komentar dan silahkan disebarkan. Selama ada ide insyaallah setiap hari ada tulisan baru. Seringlah menjenguk situs ini. Jangan lupa klik tulisan Subscribe Us. Terimakasih telah mengunjungi perpustakaan kami.
Posting Komentar untuk "Mari bicara tentang rem kendaraan anda"
1. Komentar harus relevan.
2. Komentar harus sopan.
3. Komentar dari yang beridentitas jelas.
4. Komentar harus singkat, padat, jelas.
5. Dll.